Ads 720 x 90

Buah Pencak Silat Dan Cara Melatihnya

Pusaka SiliwangiMuda – dalam sebuah beladiri pasti memliki gerakan-gearakan dasar. Di pencak silat sendiri gerakan-gerakan dasar di sebut dengan buah pencak silat, buah pencak silat bisa artikan sebagai  teknik keterampilan gerak menyerang dan mempertahankan diri dari serangan musuh. Buah dalam pencak silat di antaranya teknik pukulan, tendangan, elakan dan takisan. Dari teknik tersebut dapat di bagi-lagi ke dalam beberapa teknik, mungkin jika di jelaskan di sini semua akan menjadi sangat panjang.

Dari sekian banyak teknik dasar atau buah pencak silat kali ini saya hanya akan membahas 2 teknik dasar pencak silat yang sering di gunakan dan cara melatihnya. Teknik dasar pencak silat pertama yang akan saya bahas adalah pukulan, pukulan dalam pencak silat adalah berbagai macam teknik serangan yang di lakukan dengan tangan sebagai komponennya. Dalam pertandingan pencak silat sering menggunakan pukulan depan,pukulan  bandul, pukulan tegak, pukulan samping, dan pukulan melingkar.

teknik dasar atau buah pencak silat yang kedua  adalah tendangan. Dalam beladiri pencak silat tendangan merupakan salah satu teknik yang di pakai ketika berhadapan dengan lawan dengan situasi atau jarak serang yang jauh, di mana pesilat mamakai tungkai kaki dalam serangannya. Dalam pertandingan pencak silat sering menggunakan tendangan lurus, tendangan sabit, tendangan T, tendangan jejag/gejos, tendangan belakang dan tendangan gajul.

Melatih kedua teknik dasar atau buah pencak silat di atas tidak mudah dan membutuhkan waktu, tapi bukan berati mustahil, semakin tekun dan giat kita berlatih, semakin cepat kita mendapatkan hasil yang baik. Dalam cara melatih pukulan atau tendangan agar keras dan cepat, kita perlu mengkobinasikan dengan kedua sesi latihan. Kekuatan dan kecepatan. cara melatih pukulan dan tendangan agar keras dan cepat harus di lakukan dengan benar dan sesuai prosedur.

Tetapi, ada baiknya sebelum melakukan latihan pukulan dan tendangan di haruskan melakukan pemanasan dan setelahnya pendingingan agar terhindar dari cidera. Untuk melatih kekuatan dan kecepatan lakukan cara latihan kekuatan dan kecepatan sebagai berikut :

  •  Membangun Kekuatan Di Sekitar Otot tangan Dan kaki.

Membangun otot di tangan dan kaki bagus untuk meningkatkan power pukulan dan tendangan. Namun bisa jadi agak menurunkan kecepatan pukulan dan tendangan bila terlalu besar. Jangan risau, meski kemungkinan ini memang ada tapi ini terjadi jika kita hanya berlatih mengangkat beben di gym tanpa melakukan cara melatih kecepatan pukulan dan tendangan. Tidak selalu harus angkat beban untuk melatih otot lengan dan kaki. Membangun otot juga bisa di lakukan dengan latihan simple seperti push up untuk melatih otot tangan dan joging atau lari sprint 100m untuk melatih otot kaki.

  • Melatih Kekuatan Pukulan Dan Tendangan Dengan Samsak

Perlu di ketahui berlatih dengan memukul dan menendan samsak akan meningkatkan kekuatan pukulan dan tendangan. Namun jika memukul dan menendang dengan sekeras kerasnya, kita bisa mengetahu seberapa besar kukatan pukulan dan tendangan kita sebenarnya. Latihan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil latihan yang maksimal. Latihan memukul dan menendang samsak merupakan salah satu cara melatih pukulan dan tendangan agar keras dan cepat yang resiko cideranya kecil jika memukul dengan benar.

  • Melatih Kekuatan Pukulan Dan Tendangan Dengan Olah Fisik

Melatih kekuatan pukulan dan tendangn  dengan oleh fisik sangan efektif bila di lakukan dengan benar. Namun jangan berlebihan karena akan mencederai otot tangan dan kaki, durasai waktu latihan di sesuaikan dengan kondisi fisik kita jangan terlalu di paksakan minimal latihan satu jam sehari dan rutin. Latihan olah fisik pada pukulan bisa di lakukan dengan berjalan menggunakan tangan  dengan jarak 100 meter, melatih cengkraman dengan hand grip dan berlatih memukul kertas dengan jarak lebih panjang dari lengan 5 CM, perhatikan lambayaian kertas jika sudah mulai cepat dan hembusan anginnya kuat tambah jarak 7-10 CM.

Sedangkan untuk melatih tendangan dengan olah fisik bisa di lakukan dengan, Berlatih kuda-kuda tengah kurang lebih 15 menit sehari agar tumpuan kaki bertambah kuat tidak mudah di jatuhkan lawan, olah pernafasan durasinya sama kira-kira 15 menit, lakukan split ke empat arah agar kaki bisa lentur, ukur tempat latihan latihan lalu lari dengan mengangkat paha setinggi pinggang lakukan selama 2 menit sebanyak 3 kali, dan lari kidang atau lari dengan posisi satu kaki di angkat durasinya sama 2 menit sebanyak 3 kali.

Jangan lupa juga untuk istirahat dan mengkonsumsi makanan sehat bergizi. Latihan di atas semua berdurasi kurang lebih satu jam. Sebagai catatan setelah selesai latihan istirahat dan jangan langsung minum biarkan capek nya hilang setelah itu baru minum air putih terlebih dahulu, Semoga bermanfaat.


Related Posts

2 komentar

  1. Dulu aku pernah ikut pencak silat, latihan pukulan lumayan juga dan tidak mudah. Perlu latihan yang rutin. Btw tulisannya semakin bagus dan banyak perubahan.

    BalasHapus
  2. Sekarang latihan lagi dong.
    Hehe makasih kang kan sering di koreksi

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter