Ads 720 x 90

Berapa Usia Ideal Anak Belajar Pencak Silat


Orang tua akan melihat perkembangan anak tumbuh jauh lebih mandiri di usia 4-10 tahun. Anak juga akan lebih terkoordinasi dalam keterampilan motorik fisik dan kasarnya. Sehingga anak akan lebih percaya diri melakukan sesuatu hal sendiri.  Banyak sarana yang bisa di gunakan untuk melatih terempilan, kepercayaan diri dan kecerdasan anak secara menyeluruh. Salah satunya bela diri pencak silat, karena bela diri pencak silat selain melatih kekuatan fisik, mental dan spiritual. Pencak silat juga bisa di gunakan untuk melatih kecerdasan dan kepercayaan diri anak. Maka tak heran sekarng banyak orang tua yang ingin memasukan anak-anaknya ke tempat kursus atau perguruan pencak silat . Pertanyaannya “berapa usia ideal anak untuk belajar bela diri pencak silat?”.
Tidak ada aturan pasti mengenai usia yang tepat untuk belajar pencak silat. tapi pendapat saya, anak sudah bisa berlatih pencak silat ketika anak menginjak usia 4 tahun, di usia tersebut anak memeliki kontrol otot yang cukup baik. Ada beberapa tahapan yang harus di lewati sebelum belajar bela diri pencak silat. ketika anak menginjak usia 4 sampai 6 tahun anak akan di latih gerakan bela diri pencak silat yang bebas, agar anak terbiasa bergerak secara aman. anak usia 4 sampai 6 tahun tulangnya masih lunak sehingga gampang di oleh untuk menambah ketahanan fisik, tapi fokus anak belum bisa di jamin.
Ketika anak sudah menginjak usia 6 sampai 10 tahun sudah bisa di ajarkan untuk menghafal gerakan pencak silat, namun harus di beri pemahaman gerakan tersebut hanya untuk di hafal bukan untuk bela diri. Setelah anak menginjak usia 10 tahun ke atas baru bisa di ajari gerakan pencak silat untuk bela diri dan seni. Penting sekali belajar pencak silat sejak dini, selain untuk mengukur keberanian tapi juga bisa menjadi tameng saat anak mengalami kondisi yang tidak menyenangkan saat jauh dari orang tua.
Jika anak menunjukan minat dan kesiapan mengikuti beladiri pencak silat, maka tugas orang tua pilihkan lah tempat latihan yang tepat dan memiliki fasilatas yang aman untuk anak.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter