Ads 720 x 90

Pola Langkah Dalam Pencak Silat

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pola langkah dalam pencak silat secara singkat dan jelas agar mudah di pahami. Pola langkah pencak silat di gunakan pada saat menggunakan bebepa teknik dalam pencak silat. Pola langkah pencak silat terbagi menjadi 6 jenis yatu pola langkah lurus, pola langkah U atau ladam, pola langkah segi empat, pola langkah segitiga, pola langkas zigzag serta pola langkah S. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah mengenai teknik dasar pencak silat dalam melakukan pencak silat.
  • Pola Langkah Lurus
Pola langkah yang pertama dalam pencak silat yaitu pola langkah lurus. Yang di maksud dengan pola langkah lurus adalah teknik dasar melangkah dalam pencak silat yang menggunakan gerakan lurus ketika maju atau mundur. Pola langkah lurus biasanya di awali dengan kuda-kuda tengah.
Pola Langkah Lurus

  • Pola Langkah Segi Empat
Pola langkah segi empat merupakan salah satu teknik dasar pola langkah dalam pencak silat. Di sebut pola langkah segi empat karena gerakan yang di bentuk berbetuk segi empat dengan langkah yang teratur. Pola langkah segi empat biasa nya di awali dengan kuda-kuda tengah, kuda-kuda tengah belakang dan kuda-kuda samping.
Pola Langkah Segi Empat

  • Pola Langkah U Atau Ladam
Yang di maksud dengan pola langkah U atau ladam adalah gerakan teknik dasar melangkah dalam pencak silat yang berbentuk huruf U. Pola langkah U atau ladam biasa nya di awali dengan kuda-kuda tengah dan kuda-kuda tengah belakang.
Pola Langkah U Atau Ladam

  • Pola Langkah Zigzag
Pola langkah yang selanjut nya yaitu pola langkah zigzag. Pola langkah ini adalah teknik dasar melangkah  dalam pencak silat yang menggunakan gerakan langkah zigzag atau gergaji. Pola langkah zigzag biasa nya di awali dengan kuda-kuda tengah dan kuda-kuda serong.
Pola Langkah Zigzag

  • Pola Langkah S
Gerakan pola langkah dalam pencak silat berikutnya adalah gerakan pola langkah S. Pola langkah S merupakan teknik dasar melangkah dalam pencak silat yang menyerupai huruf S. Pola langkah S biasanya di awali dengan kuda-kuda serong.
Pola Langkah S

  • Pola Langkah Segitiga
Gerakan pola langkah pencak silat ada juga yang menggunakan pola langkah segitiga. Pola langkah ini merupakan teknik dasar melangkah yang menggunakan bentuk segita dalam setiap langkah nya. pola langkah segitiga biasanya di awali dengan kuda-kuda tengah.
Pola Langkah Segitiga

Demikian terkait ulasan beberapa jenis pola langkah yang di gunakan dalam pencak silat. Untuk bisa menguasai teknik dasar pola langkah pencak silat dengan baik dan benar. Tentunya di butuhkan usaha yang maksimal dan latihan secara rutin. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat vidio salah satu latihan pola langkah pecak silat di bawah.


Related Posts

6 komentar

  1. Mantap. Setelah kemarin belajar tekhnik kuda-kuda sekarang, Rachel berbagi pola langkahnya. Dengan video sebagai contohnya sangat menarik.

    BalasHapus
  2. Langkahnya bukan sekedar langkah. Kuda-kuda bukan sekedar kuda-kuda . pun dengan pukulan serta teknik lainnya . bangga menjadi salah satu dari bagian beladiri anak bangsa.

    BalasHapus
  3. hehe makasih kang ule. baru coba-coba masukin vidio ke blog eh tau nya bisa, kirain harus lewat link youtube.

    BalasHapus
  4. Wah, semangat terus Rachel dan kawan-kawan. Bagus ada video contoh gerakan pola langkah pencak silatnya, jadi langsung bisa praktek deh di rumah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter