Ads 720 x 90

Teknik Sikap Pasang Pencak Silat

Teknik dasar pencak silat atau Istilah-Istilah PencakSilat dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Setelah kemarin membahas tentang dasar Kuda-Kuda Pencak Silat, sekarang saya akan membahas teknik dasar istilah pencak silat yang ke dua yaitu sikap pasang atau gerak pencak silat. Sikap pasang pencak silat dapat di bagi menjadi beberapa macam. Setiap jenis memilika cara untuk melakukan sikap pasang dalam pencak silat yang berbeda beda.

Teknik dasar sikap pasang harus di kuasai oleh atlit atau praktisi pencak silat agar selaras dan pertahanan yang di lakukan menjadi kokoh serta sulit di tembus lawan. Seperti yang kita ketahui pencak silat adalah seni beladiri tradisional warisan budaya bangsa Indonesia. Yang memiliki ciri khusus sehingga ada perbedaan dengan jenis beladiri lainnya. salah satu cirinya adalah sikap pasang, dalam pencak silat sikap pasang banyak sekali jenisnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa sikap pasang dalam pencak silat beserta cara melakunnya dengan baik dan benar. Untuk lebih jelasnya dapat di simak di bawah ini :

“BACA JUGA : UNSUR-UNSUR DALAM PENCAK SILAT

  • Sikap Pasang Satu

Sikap pasang yang pertama yaitu sikap pasang satu. cara melakukan sikap pasang satu pertama lakukan kuda-kuda tengah belakang (kuda-kuda inti soja), tumpuan berat badan berada pada kedua kaki dan letakan kedua  tangan di dada dengan  telapak tangan terbuka.


  • Sikap Pasang Dua

Cara melakukan sikap pasang dua, lakukan kuda kuda tengah serong (kuda-kuda inti serong) lalu letakan tangan kiri di depan dada dengan posisi telapak tangan terbuka dan letakan tangan kanan di depan dada dengan posisi telapak tangan mengepal. Buka kedua kaki selebar bahu.


  • Sikap Pasang Tiga

Sikap pasang selanjutnya yaitu  sikap pasang tiga. Cara melakukan sikap pasang tiga, pertama lakukan kuda-kuda samping lalu letakan tangan kanan lurus ke samping dengan telapak tangan terbuka sejajar dengan kepala, letakan tangan kiri menyilang di depan dada dengan posisi telapak tangan terbuka atau sebaliknya.


  • Sikap Pasang Empat

Sikap pasang yang terakhir adalah sikap pasang empat. Cara melakukan sikap pasang empa, pertama lakukan kuda-kuda kuda-depan posisi kaki kiri lurus dan posisi kaki kanan di tekuk. Letakan tangan kanan di depan dada dengan posisi telapak tanga mengepal dan letakan tangan kiri menyilang di depan dada dengan telapak tangan terbuka.


sekian penjelasan mengenai beberapa sikap pasang dalam pencak silat beserta cara melakukan sikap pasang dalam pencak silat yang baik dan benar. sikap pasang adalah teknik pencak silat yang menggabungkan sikap kuda-kuda atau tanpa kuda-kuda dengan sikap kaki tangan di sertai dengan kesiagaan indera dan mental yang kuat. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca blog saya. 

Related Posts

5 komentar

  1. Mantappp konsisten ya Om. Itu modelnya bagus juga om. Hihihi

    BalasHapus
  2. Kudu ajeug ya gan berarti kuda-kudanya, biar kuat ketika ngadepin rintangan. Gan nanya dong. Kalau tips buat nguatin kuda-kuda hati ada nggak? Biar ajeug juga bih hati, gak rapuh kayak goreng ranginang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah betul. kaya nya akang lebih tua eh tau ketak hehe.
      sepeti nya saya belum berpengalam soal itu

      Hapus
  3. Pengen deh latihan silat, biar bisa kuda-kuda an. Eh maksudnya bisa posisi kuda-kuda yang baik dan benar. Hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter