Ads 720 x 90

Teknik Dasar Sapuan Dan Guntingan Pencak Silat

Cabang olahraga beladiri pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga yang di pertandingan dalam kompetisi dunia. Dari tahun ke tahun jumlah atlit pencak silat yang menikuti pertandingan pencak silat pun semakin banyak dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukan antusiasme dari masyarakat yang begitu tinggi.

Sebagai cabang olahraga Pencak silat memiliki teknik dasar serangan untuk menjatukan lawan yang sering di gunakan dalam pertandingan terutama pada kategori tanding. kategori tanding memperlihat kan 2 orang dari dua sudut yang berbeda (merah dan biru)  yang saling serang atau meraih kemenangan.  Serangan sudah pasti menggunakan kaidah-kaidah yang ada dalam pencak silat dan peraturan yang telah di tetapkan panitia pertandingan. Pada kategori tanding terdapat pembagian kelas yang di pisahkan menurut usia sehingga tidak akan terjadi ketimpangan yang cukup besar yang cukup besar dalam pertandingan.

Para atlit pencak silat yang mengikuti kategori tanding biasanya lebih banyak mengasah skill meraka di teknik sapuan dan guntingan karena lebih efektif untuk mendapatkan poin serta menjatukan lawan.  Atlit yang berhasil menjatukan lawan dengan sapuan atau guntingan murni medapatkan 3 poin tambahan, tapi jika menggunakan takisan atau tangkapan (blockstep) di awal sapuan dan bantingan maka akan mendapat 4 poin tambahan (3 pion untuk bantingan atau jatuhan dan 1 poin untuk takisan).

Oh iya! Kalian sudah tau apa itu bantingan dan jatuhan? Jika belum tau silahkan di baca tulisan saya sampai selesai. Di tulisan kali ini saya akan menjelaskan beberpa jenis sapuan dan guntingan serta cara melakukanya. sebelum masuk ke jenis bantingan dan jatuhan kita pahami dulu apa itu sapuan dan guntingan. Teknik sapuan dan guntingan adalah teknik untuk menjatuhkan lawan. Teknik ini biasanya di praktekan pada saat pertandingan pencak silat, tapi bisa juga di gunakan sebagai teknik beladiri. Jika di gunakan untuk pertandingan pencak silat atlit tidak boleh langsung berdiri lagi, karena saat pertandingan berlangsung wasit akan langsung memberhentikan pertandingan setelah di lakukan sapuan atu guntingan, baik sukses atu gagal dalam menjatuhkan lawan, tapi jika untuk beladiri pesilat di berikan teknik yang langsung berdiri agar tidak jadi samsak hidup pada saat posisi badan berada di bawah tanah. Berikut  ini beberapa teknik sapuan dan guntingan yang biasa di pakai atlit pencak silat di kategori tanding.

SAPUAN BELAKANG

Cara melakukan sapuan belakang gunakan kuda-kuda tengah belakang dengan sikap pasang tangan kanan dan kiri ke depan sejajar dengan dada untuk menangkis atau menangkap serangan yang datang. putar tubuh ke arah ke arah belakang, jatuhkan lutut sampai menyentuh tanah di susul dengan tangan kiri yang menyentuh tanah, kaki kanan di ayunkan dengan cepat ke depan jadikan tumit kaki sebagai senjata pada sapuan belakang. Kaki kiri di geser ke samping untuk menjadi tumpuan badan. Sapuan belakang di arahkan ke kaki lawan yang menjadi tumpuan saat menyerang dan di lakukan dengan cepat. Lakukan sikap pertahanan dengan tangan kanan di angkat setinggi kepala, jika sapuan gagal atau lawan dapat menghindar maka lawan memiliki watu 1 detik untuk menendang bagian tubuh kita untuk mencuri poin. Sapuan belakang sangat efektif di lakukan pada saat bertahan, jika lawang menyerang serang balik dengan sapuan belakang dengan mengincar pijakan atau tumpuan lawan. Perhatikan juga jarak serang dan jarak tempak karena sapuan tidak bisa di lakukan jika jarak serang atau jarak tembak terlalu jauh.


SAPUAN DEPAN

Cara melakukan sapuan depan gunakan kuda-kuda belakang dengan sikap pasang tangan kiri dan kanan di dada dan telapak tangan di buka. Kaki kanan di jatuhkan sehingga lutut menyentuh lantai dan kaki kiri di tekuk, tangan kiri menyentuh tanah utuh menjadi tumpuan badan, bokong di angkat dan kaki kiri agak di miringkan lalu di tarik setelah itu rebahkan. Kaki kanan di ayunkan ke depan dengan cepat dan kuat dengan posisi ujung kaki membetuk tendangan sabit. Sapuan depan di arahkan pada kaki lawan yang menjadi tumpuan berat badan saat lawan menendang, Sapuan depan juga bisa di lakukan pada saat lawan tidak melakukan tendangan atau serangan. Jika lawan bisa menghidar dari sapuan depan kita biasakan untuk melakukan pertahanan dengan tangan tangan kanan dan kaki kanan untuk menahan tendangan susulan lawan. Karena dalam pertarungan pencak silat di perbolehkan untuk menendang atau melakukan serangan 1 kali ke arah lawan yang gagal melakukan teknik sapuan dengan durasi wakti 1 detik. Yang perlu di perhatian saat melakukan sapuan depan adalah timing dalam menentukan serangan atau sapuan karena biasanya sapuan depan di lakukan dengan mendahului serangan lawan.


GUNTINGAN BAWAH

Cara melakukan guntingan bawah gunakan kuda-kuda belakang untuk tumpuan berat badan, letakan tangan jauh ke depan kuda-kuda, angkat tubuh dengan menggunakan kekuatan kedua tangan, lempar kedua kaki ke depan kaki kiri ke arah kanan dan kaki kanan ke arah kiri. Dengan cepat lakukan gerakan seperti menggunting dengan kaki kanan geser ke arah kanan dan kaki kiri geser ke arah kiri. Lakukan semua itu dengan cepat pada saat kedua kaki di udara. Sasaran guntingan ini adalah kaki lawan jadi usahakan melompat untuk memperkecil jarak dengan lawan dan arahkan kaki sampai ke kuda-kuda belakang lawan.


GUNTUNGAN ATAS

Cara melakukan guntingan atas gunakan kuda-kuda belakang untuk tumpuan berat badan. Untuk menambah daya lontar atau lompatan para atlit di perkenankan untuk berlari kecil bebera langkah, lompat dengan kaki kanan ke arah ke arah kiri dan kaki kiri ke arah kanan. Sewaktu di udara lakukan gerakan menggunting dengan kaki kanan geser ka arah kanan dan kaki kiri geser ke arah kiri. Jatukan badan dengan posisi rebah. Sasaran guntingan atas adalah bagian badan atas lawan jika dalam pertandingan pencak silat dan untuk beladiri bisa juga di arahkan ke bagian leher lawan. Dalam pertandingan pencak silat dilarang menjatuhkan lawan dengan menarik tangan lawan, kekuatan untuk menjatuhkan lawan murni dari kekuatan kaki. Sangat di sarankan untuk melatih teknik jatuhan agar tidak salah tumpuan yang mengakibat kan cidera pada saat menggunaka guntingan atas.


Itulah beberapa teknik dasar sapuan dan guntingan dalam pertandingan pencak silat. Teknik dasar pencak silat dalam kategori tanding sangat penting agar tidak keluar dari aturan yang sudah di tetapkan oleh PB IPSI. Untuk peraturan pertandingan pencak silat akan saya bahas di tulisan selanjutnya.


Related Posts

3 komentar

  1. Jujur teknik ini cukup ampuh untuk menumbangkan lawan tanding di lingkaran. Tapi bener emang beresiko sih

    BalasHapus
  2. Hehe iya kang makanya jarang yang pake teknik ini.

    BalasHapus
  3. Ampuh sih ,tapi beresiko banget bah 😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter