Ads 720 x 90

Jurus Pencak Silat

Kalian pasti sudah tau apa yang di maksud dengan pencak silat! jika belum silahkan di baca terlebih dahulu tulisan saya tentang apa itu pencak silat.

Pencak silat merupakan suatu seni beladiri yang sudah ada di tanah nusantara dan sudah menyebar luas ke beberapa wilayah asia tenggara. Namun tahu kah kamu mengenai jurus-jurus yang terkandung dalam pencak silat. Sebelum jauh masuk ke pembahasan tentang jurus-jurus pencak silat, saya akan memberi tahu terlebih dahulu tentang pengertian jurus pencak silat. Jurus pencak silat dapat di artikan dengan sejumlah rangkaian gerakan dasar untuk tubuh bagian atas dan bagian bawah, yang di gunakan sebagai panduan dalam menguasai teknik-teknik dasar pencak silat.

Penggunaan teknik dasar dalam pencak silat, bisa di lakukan pada saat latihan tunggal dan berpasangan. Ketika dalam pertandingan pencak silat ketangguhan para atlit pencak silat memang sudah tidak di ragukan lagi. Namun nyatanya ada beberapa jurus yang harus di kuasai oleh atlit pencak silat agar bisa menggunakan teknik yang baik dan benar pada saat pertandingan pencak silat. Dengan penguasan teknik dasar atau buah pencak silat yang baik akan memeudahkan atlit pencak silat menggunakan jurus-jurus yang sudah di pelajari. Dengan adanya jurus dalam pencak silat tujuannya memperindah gerak tubuh dalam bela diri pencak silat agar tidak menjadi gerak serangan dan pertahanan yang brutal tanpa pola.

Istilah jurus lebih banyak di gunakan dalam pencak silat sebagi beladiri atau sebagai sebuah kebudayaan karena merupan produk aliran atau perguruan dengan gayanya masing-masing. Di pencak silat sendiri ada jurus yang sering di pertandikan dari tingkat lokal sampai internasional yang sering di sebut dengan jurus kategori tunggal dan beregu. Jurus tunggal terdiri dari 100 gerakan dalam 14 jurus, mencakup 7 jurus tangan kosong, 3 jurus golok dan 4 jurus tongkat atau toya. sedangkan kategori seni beregu terdiri dari 100 gerakan dalam 14 jurus tangan kosong. Di artikel ini saya tidak akan membahas secara spesifik tentang jurus seni pencak silat tunggal dan jurus seni beregu, akan tetpi akan di paparkan semua gerakan lewat gambar dan vidio.

SENI JURUS PENCAK SILAT TUNGGAL

Jurus 1 Tangan Kosong

Jurus 2 Tangan Kosong

Jurus 3 Tangan Kosong

Jurus 4 Tangan Kosong

Jurus 5 Tangan Kosong

Jurus 6 Tangan Kosong

Jurus 7 Tangan Kosong

Jurus 8 Golok

Jurus 9 Golok

Jurus 10 Golok

Jurus 11 Tongkat/Toya

Jurus 12 Tongkat/Toya

Jurus 13 Tongkat/Toya

Jurus 14 Tongkat/Toya



VIDIO JURUS PENCAK SILAT TUNGGAL




JURUS PENCAK SILAT BEREGU

Jurus 1 Tangan Kosong

Jurus 2 Tangan Kosong

Jurus 3 Tangan Kosong

Jurus 4 Tangan Kosong

Jurus 5 Tangan Kosong

Jurus 6 Tangan Kosong


Jurus 7 Tangan Kosong

Jurus 8 Tangan Kosong

Jurus 9 Tangan Kosong

Jurus 10 Tangan Kosong

Jurus 11 Tangan Kosong

Jurus 12 Tangan Kosong

Jurus 13 Tangan Kosong

Jurus 14 Tangan Kosong


VIDIO JURUS PENCAK SILAT BEREGU


Semoga bermanfaat terus lestarikan pencak silat di negri kita tercinta ini.!!!


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter