Ads 720 x 90

Kuda-Kuda Dalam Pencak Silat

Dalam pencak silat banyak istilah-istilah umum yang di gunakan untuk menamai gerakan pencak silat salah satunya adalah kuda-kuda. Dalam pencak silat kuda-kuda adalah salah satu bagian terpenting yang harus di pelajari dengan baik. Teknik serangan atau pertahan yang di lakukan tidak akan berguna jika kudu-kuda yang di gunakan tidak tepat, kuda-kuda merupakan teknik memperkuat atau memperkokoh posisi berdiri di saat melakukan serangan atau takisan pada lawan. Pembentukan sikap berdiri ada 3 macam yaitu sikap berdiri tegak, sikap kangkang dan sikap kuda-kuda. Kuda kuda sendiri banyak jenisnya untuk lebih gampang memahaminya, berikut ini adalah beberapa kuda-kuda dalam pencak silat:

·         Kuda-kuda depan


Posisi kuda-kuda ini paling banyak di gunakan. Posisi kuda-kuda depan di bentuk dengan melangkahkan kaki kanan ke depan tarik lurus sejajar dengan kaki kiri, tekuk kaki kanan dan pindahkan tumpuan pada badan pada kaki tersebut, kaki kiri agak di tekuk sedikit dan telapak kaki kiri serong ke arah luar agar menjaga keseimbangan, posisi badan tegap dan pandangan ke depan.

Posisi ini membentuk sudut sekitar 30 derajat. Kuda-kuda depan biasanya di gunakan untuk melakukan serangan langsung ke arah lawan. Di Padepokan Pusaka Siliwangi Muda tempat saya belajar pencak silat kuda-kuda jenis ini biasa di sebut dengan kuda-kuda inti soja atau soja depan.

·         Kuda-kuda belakang


Kuda-kuda belakang merupakan kebalikan dari kuda-kuda depan. Hanya saja kaki di tekuk ke arah yang berbeda. Posisi kud-kuda belakang di bentuk dengan melangkahkan kaki kanan ke depan tarik lurus sejajar dengan kaki kiri, kemudian tekuk kaki kiri sedangkan kaki kanan agak di luruskan pindahkan tumpuan berat badan pada kaki kiri, badan agak condong ke depan dan kaki kanan agak di jinjit. Kuda-kuda belakang banyak di gunakan saat menahan serangan dari arah depan, di Padepokan saya kuda-kuda ini nama nya sama dengan kuda-kuda depan yaitu kuda-kuda inti soja atau soja belakan.

·         Kuda-kuda tengah


kuda-kuda tengah di bentuk dengan menggeser kaki kanan ke samping kanan lalu tekuk kaki kanan dan kiri hingga membentuk sudut 90 derajat. Posisikan kedua kaki dengan kuat untuk menopang berat badan. Kuda kuda tengah biasanya di gunakan untuk posisi bertahan menunggu serangan lawan dari arah depan. Kuda-kuda depan di Padepokan saya biasa di sebut dengan kuda-kuda inti sejajar.

·         Kuda-kuda samping


Jika pda kuda-kuda tengah kedua kaki di tekuk, maka pada kuda-kuda sampaing hanya satu kaki yang di tekuk. Kuda-kuda samping di bentuk dengan menggeser kaki kiri atau kanan ke samping sejajar dengan bahu, condongkan badan kesamping kiri atau kanan yang akan di pakai sebagai tumpuan berat badan. Posisi ini biasanya di gunakan pada saat menghindari serangan dari samping atau biasa di sebut elakan dan kuda-kuda ini seringkali di gunakan saat akan melakukan tendangan memutar sehingga kekuatan tendangan akan lebih mudah di kumpulkan dari satu sisi.

·         Kuda-kuda silang


Kuda-kuda silang di bentuk dengan menyilangkan kaki kanan ke depan samping kaki kiri, tumpuan berada pada kaki kanan yang di silangkan, kaki kiri agak di jinjit sedikit, badan tegak lurus agar tidak jatuh saat melakukan gerakan tersebut. Kuda-kuda silang biasanya di gunakan untuk melakukan tendangan T sehingga berat badan akan lebih mudah bertumpu pada satu kaki dan kaki yang di gunakan untuk menendang akan lebih mudah mengumpulkan tenaga.

·         Kuda-kuda khusus


Kuda-kuda khusus di gunakan pada saat salah satu kaki sedang menendang atau menakis serangan. Untuk bisa melakukan kuda-kuda ini di perlukan beberapa kali latihan karena membutuhkan otot kaki yang benar-benar kuat. Kuda-kuda khusus di bentuk dengan mengangkat satu kaki sehingga berat badan bertumpu pada kaki yang masih menapak ke tanah. Gunakan kaki yang paling dominan di latih untuk berdiri sehingga kuda-kuda tetap kuat. Kuda-kuda khusus di Padepokan saya sering disebut kuda-kuda gantung dan biasa di gunakan untuk menahan tendangan dari arah samping.

Itulah beberapa kuda-kuda dalam pencak silat. Lakukan latihan sesering mungkin untuk bisa menyempurnakan kuda-kuda dalam pencak silat.

Tidak ada pesilat yang kuat tanpa melewati latihan yang berat, pesilat juga bisa lelah tapi pesilat tidak pernah menyerah”


Related Posts

2 komentar

  1. Awalnya, aku pikir kuda-kuda sejenis hewan... Tetapi, setelah baca ini jadi paham. Hatur nuhun Rachel

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter